MAKALAH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PRESENTASI
MAKALAH
PEMBELAJARAN
BERBASIS
MULTIMEDIA
PRESENTASI
Makalah Ini Disusun Untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Teknologi dan Media
Pembelajaran
Doesen Pengampu Hana Puji
Astuti, S.E., M.M ©
Disusun oleh
Lambdiana Fahriza
2014.0714.10
Program Sarjana Pendidikan
Agama Kristen
Sekolah Tinggi Agama
Kristen Anak Bangsa
Surabaya
Tahun 2015
|
KATA
PENGANTAR
Rasa syukur saya sampaikan ke hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah,
karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat saya selesaikan sesuai yang
diharapkan. Dalam makalah ini, saya membahas tentang “Pembelajaran Berbasis
Multimedia Presentasi”, guna memperdalam pemahaman tentang pembelajaran yang
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis pada multimedia
presentasi, dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang
mengikuti mata kuliah “Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran”.
Dalam proses pendalaman materi ini, tentunya saya mendapatkan
bimbingan, arahan, dan koreksi serta saran, untuk itu rasa terima kasih yang
sedalam-dalamnya saya sampaikan kepada Hana Puji Astuti, S.E., M.M ©, selaku
dosen mata kuliah “Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran” yang telah banyak
memberikan masukan untuk makalah ini.
Demikian makalah ini saya buat, semoga bermanfaat.
Surabaya,
31 Mei 2015
Penyusun
Daftar isi
Kata pengantar ........................................................................................................ ii
Daftar isi ................................................................................................................. iii
Bab I Pendahuluan ................................................................................................... 1
A. Latar Belakang .................................................................................................... 1
B. Tujuan Penelitian …............................................................................................. 2
C. Manfaat Penelitian ............................................................................................... 2
D. Pembatasan Penelitian ……………..…............................................................... 2
Bab II Pembahasan ................................................................................................... 3
A. Definisi Pembelajaran Berbasis Multimedia …………....................................... 3
B. Definisi Media Pembelajaran .............................................................................. 4
Kata pengantar ........................................................................................................ ii
Daftar isi ................................................................................................................. iii
Bab I Pendahuluan ................................................................................................... 1
A. Latar Belakang .................................................................................................... 1
B. Tujuan Penelitian …............................................................................................. 2
C. Manfaat Penelitian ............................................................................................... 2
D. Pembatasan Penelitian ……………..…............................................................... 2
Bab II Pembahasan ................................................................................................... 3
A. Definisi Pembelajaran Berbasis Multimedia …………....................................... 3
B. Definisi Media Pembelajaran .............................................................................. 4
C. Program Aplikasi Presentasi ……………….………………………….……….
5
D. Teknik Pengembangan Multimedia Presentasi
…………….…………..……… 7
E. Kelebihan Menggunakan
Aplikasi Multimedia Pembelajaran …..……..……… 8
Bab III Penutup ………………………………………………….......................... 10
A. Kesimpulan …………………………………………………........................... 10
B. Saran ……………………………………………….......................................... 10
Bab III Penutup ………………………………………………….......................... 10
A. Kesimpulan …………………………………………………........................... 10
B. Saran ……………………………………………….......................................... 10
Daftar Pusaka
……………………………………………………………………. 11
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Peningkatan
mutu pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam
upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Disamping itu, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah
prestasi belajar. Masalah ini
pada umumnya sering
dihadapi oleh peserta didik karena masih
cukup banyak yang belum dapat mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Demi tercapainya
prestasi belajar yang memuaskan tersebut, pembelajaran berbasis multimedia menjadi semakin umum digunakan dalam sistem pendidikan yang semakin maju dan disertai dengan perkembangan teknologi.
Teknologi multimedia menjanjikan potensi besar dalam mengubah cara seseorang
untuk belajar, untuk memperoleh dan menyesuaikan informasi, dan sebagainya.
Pembelajaran berbasis multimedia
presentasi dapat meningkatkan kadar hasil belajar yang tinggi karena multimedia
presentasi dapat digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang bersifat
teoretis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup
banyak. Media ini cukup efektif sebab menggunakan
multimedia projector yang memiliki
jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua
unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik, dan sound menjadi satu kesatuan penyajian
sehingga dapat mengakomodasi peserta
didik yang memiliki tipe visual, auditif maupun kinestetik.
B. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari
penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang pembelajaran
berbasis multimedia presentasi, serta untuk memenuhi persyaratan tugas Mata
Kuliah Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.
C. MANFAAT PENELITIAN
Secara umum, manfaat
yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik dan dapat
meningkatkan daya tarik serta perhatian peserta
didik, lebih interaktif, kualitas belajar dan sikap belajar peserta didik dapat
ditingkatkan.
D. PEMBATASAN PENELITIAN
Untuk mengkaji dan
memahami pembelajaran berbasis multimedia presentasi, berikut adalah
batasan-batasan masalah yang akan dibahas pada bab-bab selanjutnya :
1.
Definisi
pembelajaran berbasis multimedia
2.
Definisi media
pembelajaran
3.
Program aplikasi presentasi
4.
Teknik pengembangan
multimedia presentasi
5.
Kelebihan
menggunakan aplikasi multimedia pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan
beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi
dalam bentuk teks, audio, grafis, animasi dan video. Sehingga pengertian pembelajaran
berbasis multimedia itu sendiri dapat disimpulkan sebagai kegiatan
pembelajaran yang memanfaatkan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggunakan link dan tool yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi,
berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Sajian pembelajaran berbasis multimedia presentasi
merupakan sajian pembelajaran yang dapat digunakan untuk menjelaskan
materi-materi yang sifatnya teoretis digunakan
dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak. Media ini cukup efektif sebab menggunakan
multimedia projector yang memiliki
jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua
unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik, dan sound menjadi satu kesatuan penyajian
sehingga dapat mengakomodasi
peserta didik yang memiliki tipe visual, auditif maupun kinestetik.
Hal ini didukung oleh teknologi perangkat keras yang
berkembang cukup lama. Disamping itu, perangkat lunak juga memungkinkan
presentasi dapat dikemas dalam bentuk multimedia yang dinamis dan sangat
menarik.
Dilihat dari kaidah pembelajaran, multimedia presentasi dapat
meningkatkan kadar hasil belajar yang tinggi, sangat ditunjang oleh penggunaan
media pembelajaran. Melalui media, potensi indra peserta didik dapat
diakomodasi sehingga kadar hasil belajar menjadi meningkat.
B. PENGERTIAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Media berasal dari kata “medius”
yang artinya tengah, “perantara” atau “pengantar”. Media adalah sebuah alat
yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Pembelajaran adalah
sebuah proses komunikasi antara peserta didik, guru dan bahan ajar. Komunikasi
tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Media yang
digunakan dalam pembelajaran disebut media pembelajaran, yang mempunyai fungsi
sebagai perantara pesan.
Dalam pembelajaran, media memegang
peranan penting dalam mencapai sebuah tujuan belajar. Hubungan komunikasi
antara pendidik dan peserta
didik akan lebih baik dan efisien jika menggunakan media. Peranan penting
tersebut yaitu, media sebagai alat bantu mengajar dan media sebagai sumber
belajar yang digunakan sendiri oleh peserta didik secara mandiri.
Media pembelajaran adalah alat
atau bentuk stimulus yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran.
Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat dan harus
meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Selain itu, media juga harus
merangsang peserta didik mengingat apa yang sudah dipelajari serta memberikan
rangsangan belajar baru. Hal ini juga dapat mengaktifkan peserta didik dalam
memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong peserta didik untuk
melakukan praktek-praktek dengan benar.
Dalam proses belajar mengajar, hal utama yang harus diperhatikan
oleh seorang pendidik dalam penggunaan media adalah berkaitan dengan analisis
manfaat dari penggunaan media tersebut. Ada beberapa alasan yang harus
diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran berkaitan dengan analisis
manfaat yang akan diperoleh. Berikut analisis manfaat yang dikemukakan oleh
Sudjana dan Rivai (2002:2) yaitu :
a.
Pembelajaran akan lebih menarik perhatian peserta didik sehingga
dapat menumbuhkan motivasi belajar,
b.
Metode pembelajaran akan lebih bervariasi,
c.
Bahan pembelajaran akan lebih
jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh peserta didik serta
memungkinkan peserta didik menguasai tujuan pembelajaran lebih baik,
d.
Peserta didik lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
C. PROGRAM APLIKASI PRESENTASI
Program aplikasi presentasi merupakan paket dari
program komputer yang digunakan untuk membantu penggunaannya dalam mengolah
bahan presentasi. Beberapa program aplikasi presentasi diantaranya yaitu :
1.
Corel Presentation
Corel
Presentation merupakan aplikasi komersial seperti Microsoft Office. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lumayan
lengkap dan interface yang mudah.
Fitur tersebut seperti koleksi foto dan gambar yang cukup banyak, font beragam dan harganya lebih murah
dari Microsoft Office,
2.
Kpresenter
Kpresenter
adalah program presentasi yang merupakan bagian dari KOffice, paket aplikasi office terintegrasi untuk desktop KDE.
Format native Kpresenter adalah XML, dikompresi dengan zip. Kpresenter juga
dapat mengimpor presentasi dari Microsoft
Power Point, Magicpoint, dan OpenOffice,
org Impress,
3.
Oo Impress
Openoffice.Org
Impress dikenal
dengan sebutan IMPRESS, adalah perangkat lunak untuk membuat presentasi
multimedia dari media interaktif.
4.
Microsof Power Point
Microsoft Power Point
merupakan sebuah
perangkat lunak dari program aplikasi untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Program aplikasi presentasi
ini merupakan program yang paling popular dan paling banyak digunakan saat ini
oleh kalangan perkantoran, para pendidik, para peserta didik, dan masyarakat
umum untuk berbagai kepentingan presentasi, baik pembelajaran, presentasi
produk, meeting, seminar, lokakarya, dan sebagainya. Dengan menggunakan Power
Point, pendidik dapat membuat presentasi secara professional dan jika perlu
hasil presentasi tersebut dapat dengan mudah ditempatkan di server web sebagai
halaman web untuk diakses, sebagai bahan pembelajaran atau informasi lainnya.
Pogram aplikasi Power Point dirancang untuk mampu menampilkan program
multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan, penggunaan serta relatif
murah karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data
(data storage).
D. TEKNIK PENGEMBANGAN
MULTIMEDIA PRESENTASI
Membuat program presentasi multimedia dengan power
point dapat dilakukan dengan prosedur pembuatan seperti dibawah ini :
1.
Identifikasi program, dimaksudkan untuk melihat
kesesuaian antara program yang dibuat dengan materi dan sasaran (peserta
didik).
2.
Mengumpulkan bahan pendukung sesuai dengan kebutuhan
materi dan sasaran seperti video, gambar, animasi dan suara. Bersamaan dengan
itu, dilakukan juga penyusunan materi yang diambil dari bahan utama. Materi
untuk power point sebaiknya dikemas menjadi uraian pendek, pokok-pokok
pembahasan atau pointer-pointer.
3.
Setelah bahan terkumpul dan materi sudah dirangkum, selanjutnya
proses pengerjaan di power point hingga selesai. Setelah itu, dapat mengubah
hasil akhir presentasi apakah dalam bentuk slide show, web pages, atau
executable file (exe).
4.
Setelah presentasi selesai dibuat dan tidak langsung
digunakan, sebaiknya dilakukan review program dari sisi bahasa, teks, tata
letak, dan kebenaran konsep, selanjutnya direvisi dan siap digunakan untuk
dipresentasikan.
E. KELEBIHAN MENGGUNAKAN
APLIKASI MULTIMEDIA PRESENTASI
Adapun kelebihan atau keuntungan dalam menggunakan
multimedia interaktif dalam media pembelajaran diantaranya sebagai berikut :
1.
Penggunaan media yang relatif murah karena tidak
membutuhkan bahan baku sebagai alat penyimpanan data (data storage),
2.
Sistem pembelajaran lebih kreatif, inovatif, dan
interaktif,
3.
Pendidik akan dituntut untuk lebih kreatif dalam
mencari bahan pembelajaran,
4.
Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio,
musik, animasi bergerak, atau video dalam satu kesatuan penyajian
sehingga dapat mengakomodasi
peserta didik yang memiliki tipe visual, auditif maupun kinestetik guna
tercapainya tujuan pembelajaran tersebut.
5.
Menambah motivasi belajar peserta didik selama
proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai
dengan yang diinginkan,
6.
Mampu memvisualisasikan materi yang sulit untuk
diterangkan hanya sekedar dengan penjelasan atau peraga yang konvensional,
7.
Melatih peserta didik lebih mandiri dalam
mendapatkan pengetahuan,
8.
Penggunaan perangkat lunak multimedia dalam proses
mengajar.
Menurut
Davis dan Crowther, akan meningkatkan efisiensi dan motivasi, memfasilitasi
belajar eksperimental, konsisten belajar terpusat pada peserta didik serta
dapat memandu untuk belajar lebih baik.
9.
Dapat meningkatkan
daya tarik dan perhatian peserta didik, kualitas belajar dan sikap belajar peserta
didik dapat ditingkatkan,
10. Dapat
mengaktifkan peserta didik dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga
mendorong peserta didik untuk melakukan praktek-praktek dengan benar,
11. Penggunaannya mudah
dan fleksibel serta penyajian materi dapat dibuat/dirancang,
12. Dapat digunakan
secara individu,
13. Pembelajarannya dapat
diulang-ulang sehingga dapat menghemat waktu serta lebih efisien.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Perkembangan teknologi mempunyai peranan penting
dalam peningkatan mutu pendidikan peserta didik saat ini. Dan, tidak dapat
dipungkiri bahwa perkembangan teknologi juga sangat erat hubungannya dalam
pembelajaran. Multimedia berbasis presentasi sangat membantu peserta didik
dalam memahami materi pembelajaran yang disajikan atau disampaikan oleh para
pendidik. Dengan menggunakan multimedia pembelajaran sangat membantu proses
belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang
diinginkan dari setiap materi pembelajaran.
B. SARAN
Setiap pendidik diharapkan dapat menguasai beberapa
multimedia pembelajaran agar dalam penyajian materi tidak membosankan sehingga
peserta didik dapat lebih aktif dalam memberikan tanggapan dan juga
mendorong peserta didik untuk melakukan praktek-praktek dengan benar. Pemilihan multimedia pembelajaran
sebaiknya disesuaikan dengan materi yang diajarkan serta dikemas menjadi
uraian pendek, pokok-pokok pembahasan atau pointer-pointer.
DAFTAR PUTAKA
Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar