KONSEP DASAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
- PENDAHULUAN
Perkembangan TIK telah memberi kontribusi terhadap terjadinya revolusi diberbagai bidang. Eric Ashby (1972) menyatakan bahwa dunia pendidikan telah memasuki revolusinya yang kelima. Revolusi pertama, terjadi ketika orang menyerahkan pendidikan anaknya kepada seorang guru. Revolusi kedua, terjadi ketika digunakannya tulisan untuk keperluan pembelajaran. Revolusi ketiga, terjadi ketika diciptakannya mesin cetak sehingga materi pembelajaran dapat disajikan melalui media cetak. Revolusi keempat, terjadi ketika digunakannya perangkat elektronik seperti radio dan televisi untuk pemerataan dan perluasan pendidikan. Revolusi kelima, seperti saat ini, dimanfaatkannya TIK tercanggih khususnya komputer dan internet dalam kegiatan pendidikan.
- PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
- Pengertian Teknologi
Secara harafiah berasala dari bahasa Latin “texere” yang berati menyusun atau membangun, sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Jadi, teknologi adalah cara menggunakan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis.
- Pengertian Informasi
- Informasi merupakan hasil pengolahan data
- Memberikan makna
- Bermanfaat
a) Akurat, artinya informasi mencerminkan keadaan sebenarnya
b) Tepat waktu, artinya informasi harus ada saat diperlukan
c) Relevan, informasi yang diberikan harus sesuai yang dibutuhkan
d) Lengkap, artinya informasi harus utuh, tidak setengah-setengah
Jenis-jenis informasi meliputi :
- Absolute Information, yaitu jenis informasi yang disajikan dengan suatu jaminan dan tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut.
- Substitutional Information, yaitu jenis informasi yang merujuk kepada kasus dimana konsep informasi digunakan untuk sejumlah informasi.
- Philosophic Information, yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan konsep-konsep yang menghubungkan informasi pada pengetahuan dan kebijakan.
- Subjective Information, yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan perasaan dan emosi manusia.
- Objective Information, yaitu jenis informasi yang merujuk karakter logis informasi tertentu.
- Curtural Information, yaitu informasi yang memberikan tekanan pada dimensi kurtural.
- Root of Information, yaitu komponen inti dati informasi berada pada tahap keluaran pertama sebuah proses pengolahan data yang biasanya disampaikan oleh orang pertama.
- Bar of Information, yaitu merupakan badan/batangnya dari informasi yang disajikan dan memerlukan informasi pendukung, agar informasi inti dapat diketahui secara utuh. Contoh : headline surat kabar agar pembaca jelas maka harus membaca informasi selanjutnya.
- Branch of Information, yaitu informasi dapat dipahami apabila informasi sebelumnya telah dipahami. Misalnya, ketika kita membaca glosarium atau indeks ketika membaca sebuah buku.
- Stick of information, yaitu komponen informasi yang sederhana dari cabang informasi. Bentuk dari informasi ini biasanya berbentuk pengayaan pengetahuan, kedudukannya hanya sebagai pelengkap, terhadapa informasi yang ada.
- Bud of Information, yaitu komponen informasi yang sifatnya semi mikro namun sangat dibutuhkan, sehingga diwaktu mendatang informasi ini akan berkembang dan dicari orang, misalnya informasi tentang multiple intelligence, hypoteaching, kurikulum masa depan, pembelajaran abad ke 21, dan lain-lain.
- Leaf of Information, yaitu merupakan informasi pelindung untuk menjelaskan konidisi dan situasi ketika informasi itu mucul ke permukaan, seperti informasi tentang prakiraan cuaca, prakiraan kemarau panjang, prakiraan gempa atau gerhana matahari/bulan.
- Pengertian Komunikasi
Komunikasi merupakan suatu proses pemindahan dan penerimaan lambang-lambang yang mengandung makana dari komunikator kepada komunikan. Schramm menyampaikan pengertian komunikasi ke dalam tiga hal pokok sebagai berikut.
- Penyandi (Encode), yaitu komunikator yang mempunyai informasi atau pesan yang disajikan dalam bentuk code atau sandi, seperti : tulisan, bahasa lisan, verbal simbol, dan visual simbol.
- Signal (sign), yaitu berupa pesan, berita atau pernyataan tertentu yang ditujukan dan diterima seseorang. Pesan ini dapat dilukiskan dalam bentuk gerak tangan, mimik wajah, kata-kata lisan, tulisan, gambar, foto, diagram, tabel, dan lain-lain.
- Decoder, yaitu komunikan yang menerima pesan atau penerima sandi atau lambang yang harus dipahami dan dimengerti makna dari pesan yang disampaikan.
Empat titik penentu dalam sejarah komunikasi peradaban manusia yaitu,
- Perolehan (acquisition) bahasa, yaitu pada saat yang sama dengan lahirnya umat manusia.
- Perkembangan seni tulisan sejalan dengna komunikasi lisan
- Reproduksi kata0kata tertulis (written word) dengan menggunakan alat pencetak, sehingga memungkinkan terwujudnya komunikasi masa yang sebenarnya.
- Munculnya komunikasi elektronik
- Hakekat Teknologi Informasi
- Hakekat Teknologi Komunikasi
Menurut Everett M. Rogers, teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, mengolah, dan saling bertukar informasi dengan individu lain. Jadi, teknologi komunikasi merupakan wujud hasil ciptaan dan temuan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhna untuk berhubungan satu sama lain dengan cepat, jelas, dan menjangkau.
- Hakekat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
- Ruang Lingkup TIK
- Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
- Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkta yang satu ke lainnya.
- Mata pelajaran teknologi informasi komunikasi
Mata pelajaran TIK yang di jadikan mata pelajaran wajib disekolah menengah memiliki karakteristik yang berbeda dengan mata pelajaran yang lain.dikarenakan pada umumnya mata pelajaran yang ada pada kurikulum sekolah berupa sains dan teori,sedangkan mata pelajaran TIK berkaitan erat dengan teknologi.Mata pelajaran TIK dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan jaman.
- Ruang lingkup mata pelajaran TIK
- Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
- Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya
- Tujuan mata pelajaran TIK
- Aspek kognitif, mengetahui, mengenal, atau memahami TIK
- Aspek afektif, dapat bersifat kristis, kreatif, apresiasif, dan mandiri dalam penggunaan TIK
- Aspek Psikomotorik, terampil memanfaatkan TIK untuk proses pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari
- Sejarah Perkembangan TIK
Ada tiga sejarah perkembagan TIK:
- Masa Prasejarah ( < 3000 SM)
- Masa Sejarah (3000 SM – 1400-an M)
- Masa Modern (1400-an M – Sekarang)
Kemajuan teknologi pada masa modern yang berkembang saat ini yaitu dengan ditemukannya komputer. Dengan teknologi komputer kegiatan pembelajaran dapat menggunakan komputer sebagai alat bantu dan sistem pembelajaran berbasis TIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar